Next Post

Bu Ikfina Dan Gus Barra Diambil Sumpah Jabatan Dan Dilantik Sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Mojokerto Masa Bhakti 2020-2025

Surabaya, jagadpos.com – “Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya : Apakah saudara bersedia diambil sumpahnya ? ” BERSEDIA”. Menurut agama apa ? “ISLAM”.
Selanjutnya saya perlu mengingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan mengemban tanggungjawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggungjawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD1945 serta tanggungjawab terhadap kesejahteraan rakyat.
Sumpah ini disamping disaksikan diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang, juga penting untuk disadari bahwa sumpah ini juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, karena Tuhan itu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.
Sumpah ini hendaknya diucapkan dalam kesadaran yang sepenuhnya dan dengan kemauan yang sunguh-sungguh.
Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.
Selanjutnya saudara agar mengikuti dan menirukan kata-kata saya dengan khidmad.
DEMI ALLAH SAYA BERSUMPAH AKAN MEMENUHI KUWAJIBAN SAYA SEBAGAI BUPATI DAN WAKIL BUPATI/WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA DAN SESUNGGUH-SUNGGUHNYA MENJALANKAN UNDANG UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945 DAN MENJALANKAN SEGALA UU DAN PERATURANNYA DENGAN SELURUS-LURUSNYA SERTA BERBAKTI KEPADA MASYARAKAT, NUSA DAN BANGSA”.

Demikian itu apa yang diucapkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika mengambil sumpah jabatan para Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur.

Pengambilan Sumpah Jabatan tersebut diatas dikemas dalam acara Pengbilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota dan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 di gedung negara Grahadi jalan Gubernur Suryo Surabaya.

Untuk sesi kedua jam 13.30 Wib -15. 00 Wib yang diambil sumpahnya adalah Walikota dan Wakil Walikota Blitar, Pasuruan, Bupati dan Wakil Bupati Jember, Malang, Blitar dan kabupaten Mojokerto. Hari itu ada 17 Kepala Daerah yang diambil sumpahnya dan dilantik.

Untuk kabupaten Mojokerto yang diambil sumpahnya dan dilantik adalah Bupati Mojokerto dr. Hj. Ikfina Fatmawati, M.Si.(Bu Ikfina) dan Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Al+-Barra, Lc., M.Hum (Gus Barra).

Rangkaian acaranya secara keseluruhan adalah sebagai berikut. Pra acara , Pemberian santunan kepada anak yatim oleh Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur dan Ketua TP. PKK sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Baksin Elistianto Dardak. Pembagian santunan itu diringi dengan alunan Shalawat Nabi yang terasa sakral.
– Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
– Pembacaan SK Mendagri tentang Pengesahan Pengangkatan Jabatan.
– Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Gubernur Jawa Timur
– Penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pakta Integritas.
– Pemasangan Tanda Pangkat dan Penyematan Tanda Jabatan serta Penyerahan Petikan Surat Keputusan.
-Kata-kata pelantikan oleh Gubernur Jawa Timur atas nama Presiden RI.
– Sambutan Gubernur Jawa Timur.
– Pelantikan Tim Penggerak PKK kab/kota dan Ketua Dekranasda oleh Ketua TP. PKK dan Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Baksin.
– Lagu Nasional Padamu Negeri.
– Doa
– Ucapan selamat dan foto bersama.

Giat Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati terpilih Pilkada Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur itu dilakukan secara riil (nyata) atau langsung dan dihadiri juga disaksikan para undangan secara vertuil (maya) atau daring (online).

Hal itu untuk mentaati prokes pandemi COVID-19. Selama acara berlangsung tampak sekali dilakukan dengan disiplin tinggi protokol kesehatan pandemi covid-19, memakai masker dan social distancing bagi merka yang hadir secara langsung ditempat acara berlangsung. (lin).

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *