Next Post

Warga RT. 05 RW. 02 Dusun Glatik Desa Watesnegoro Kecamatan Ngoro Lakukan Fogging Dan Penyemprotan Disinfektan COVID-19 Secara Swadaya

Mojokerto, jagadpos.com 9 – Peduli terhadap kesehatan masyarakatnya Warga RT. 05 RW. 02 Dusun Glatik Desa Watesnegoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto dengan penuh semangat dan kompak melakukan kegiatan Fogging dan Penyemprotan Disifektan putus mata rantai penularan Covid-19 secara swadaya atau mandiri dengan dana dari uang kas RT dan bantuan warga. Alat penyemprotan Fogging pinjam milik Desa Watesnegoro sebanyak 2 buah dan pelaksanaan fogging dilakukan sendiri oleh warga RT sedang disinfektannya beli sendiri.

Fogging dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 31 Januari 2021pagi mulai jam 07.00 Wib sampai dengan selesai. Fogging adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti dewasa. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

Penyakit demam berdarah dengue atau DBD masih sering ditemukan di Indonesia.Faktor utama penularan penyakit ini adalah nyamuk spesifik Aedes aegypti, nyamuk yang memiliki siklus hidup yang dapat bertahan di daerah pedesaan maupun perkotaan.

Aedes aegypti betina dapat bertelur di tempat basah mana saja. Mereka dapat ditemukan di tumpukan sampah di perkotaan, ataupun genangan air di pedesaan. Telurnya juga dapat bertahan di tempat yang kering dalam jangka waktu yang panjang, bahkan hingga satu tahun dan menetas saat terendam kembali dalam air.

 

Untuk kegiatan penyemprotan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2021 yang lalu, juga dilakukan secara swadaya atau mandiri. Kalau kegiatan tangkal covid-19 ini sudah dilakukan selama pandemi rutin setiap hari minggu. Mobil Pick Up milik pak ketua RT, berikut tangki kotak plastik besar dan alat spray serta selangnya juga mesin generatornya. Disifektannya bantuan dari desa dan swadaya.

H.M.Sukardi Ketua RT. 05 RW. 02 Dusun Glatik Desa Watesnegoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto ketika ditemui kontributor berita media ini mengatakan : ‘Fogging kami lakukan bersama warga untuk mencegah agar warga masyarakat RT tidak terkena penyakit demam berdarah. Pencegahan, preventif atau sedia payung sebelum hujan gitulah”.

” Minggu yang lalu kami juga mengadakan penyemprotan disinfektan cegah penularan covid-19 secara mandiri dan swadaya. Dananya dari kas RT dan sumbangan warga RT. Kalau kegiatan yang ini malah sudah dilakukan secara rutin setiap hari Minggu. Ya ikut berpartisipasi aktif membantu mensukseskan program pemerintah lah “, kata pak Haji Sukardi.

Break istirahat para warga RT yang ikut giat, makan siang bersama nampak guyup, rukun, kompak dan semagat. (lin).

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *