Next Post

Peringati HPN, Dompet Dhuafa Kerjasama RRI Adakan Swab Antigen Bagi Jurnalis

Kepala RRI Danang dan Ketua PWI Madiun tengah didampingi para jurnalis Madiun
Kepala RRI Danang dan Ketua PWI Madiun tengah didampingi para jurnalis Madiun

Madiun, Jagadpos.com – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa (DD) bekerjasama dengan RRI Madiun mengadakan kegiatan aksi layanan sehat (ALS) gratis di hall RRI Madiun, Senin (15/2/2021). Bentuk kegiatannya berupa pemeriksaan tekanan darah, pengecekan cek lab asam urat serta rapid tes antigen.

Kepala LKC DD Jawa Timur unit Madiun, dr. Heri Prasetyanto mengatakan, serangkaian pemeriksaan kesehatan itu dilakukan memperingati Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari. Menurut dr. Heri, wartawan merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar covid-19. Dari 100 kuota rapid tes yang diberikan DD pusat untuk Jawa Timur, 70 diantaranya dipusatkan di Madiun.

“Ini ditujukan dalam rangka Hari Pers yang sasarannya adalah para wartawan,” kata dr. Heri.

Senada juga diungkapkan Kepala RRI Madiun, Drs. Danang Prabowo. Menurutnya, wartawan sebagai penyambung informasi memiliki tugas yang cukup berisiko terpapar covid-19. Jika pers sehat, kata Danang, maka informasi yang diberikan kepada publik akan berjalan lancar.

“Makanya kami memprioritaskan mengundang teman-teman dari pers. Kegiatan semacam ini harapan kami tidak hanya dalam rangka Hari Pers saja. Kedepan kami mencoba merangkul lagi Dompet Dhuafa atau lembaga lain untuk membuat kegiatan serupa. Semakin sering kita membuat kegiatan seperti ini akan semakin terkontrol serta memudahkan tracing kita terhadap perkembangan covid-19 utamanya di Madiun ini,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Madiun, Siswowidodo mengapresiasi kegiatan yang digagas DD bekerjasama dengan RRI Madiun. Melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan dan rapid tes antigen tersebut Siswo berharap, wartawan selalu terlindungi dari bahaya covid-19.

“Alhamdulillah hasilnya sudah keluar dan semuanya negatif sehingga kita dalam menjalankan tugas sebagai wartawan tidak ragu-ragu untuk ketemu narasumber dan teman-teman wartawan yang lain. Sekali lagi tugas wartawan itu cukup berisiko. Karena setiap hari kita bertemu banyak orang dan kita juga nggak tahu orang yang kita temui itu riwayatnya seperti apa,” tuturnya.

Ketua PWI Madiun Siswowidoodo saat swab antigen

 

Purna tugas RRI Madiun, Suharno mengaku kegiatan ALS yang diadakan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan RRI Madiun sangat membantu, apalagi ditengah pandemi covid-19. Ia berharap kegiatan yang sama dapat dilakukan secara berkesinambungan.

“Apalagi kita sudah di generasi tua atau lansia ini ya perlu diadakan pengecekan kesehatan, tentunya kegiatan ini sangat perlu dan bermanfaat bagi kita, semoga ini bisa berkesinambungan,” terangnya.

Harjito, purna tugas RRI Madiun pun merasakan hal yang sama. Pemeriksaan kesehatan gratis dari Dompet Dhuafa sangat membantu ditengah perekonomian yang serba sulit dampak pandemi. Ia berharap, ALS dapat menyentuh sampai tingkat desa/kelurahan.

“Harapan saya memang kegiatan ini harus ditindaklanjuti, jangan hanya melihat momen ini saja. Bila perlu bisa menyasar ke tingkat kelurahan atau desa biar masyarakat itu lebih mengenal apa itu Dompet Dhuafa,” jelasnya.

Sementara itu puluhan peserta yang mengikuti pemeriksaan rapid tes antigen seluruhnya dinyatakan negatif. Selain pemeriksaan kesehatan gratis, Dompet Dhuafa Madiun juga memberikan 10 bingkisan berupa sembako kepada wartawan senior.(s.rud)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Dapatkan berita terupdate kami.

ban11

Recent News