Next Post

Penilaian Ditjen Cipta Karya PUPR Perumda Tirta Kanjuruhan Raih Peringkat 3 Nasional

 

MALANG, JagadPos.Com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Air Minum pada tanggal 28 Januari 2021 lalu meluncurkan buku tentang penilaian kinerja terhadap 387 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum di seluruh Indonesia.

Dalam penilaian tersebut Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, berhasil mendapat peringkat ke 3 secara Nasional pada Kelompok Jumlah Pelanggan > 100.000 SR dengan nilai 4,10, setelah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yang mencapai peringkat pertama dan Perumdam Tirta Raharja Kabupaten Bandung sebagai peringkat ke dua yang memiliki nilai masing masing 4,28 dan 4,13.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Syamsul Hadi menyampaikan, capaian prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Perumda Tirta Kanjuruhan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada masyarakat di Kabupaten Malang, meski ditengah pandemi COVID 19.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan bertrima kasih atas prestasi yang diraih atas kerja keras teman-teman yang telah membuahkan hasil yang sangat gemilang, dengan kenaikan kinerja 3 peringkat. Tahun 2019 lalu kami berada di posisi ke-6, dan tahun 2020 kemarin kami berhasil naik ke peringkat ke-3 Nasional,” ungkapnya, Senin (1/2).

Menurut Syamsul, penilaian Ditjen Cipta Karya PUPR tersebut berdasarkan penilaian kinerja BUMD Air Minum atau Perumda atas empat aspek, yakni tentang keuangan, pelayanan, Operasional, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ada empat aspek dalam penilaian itu, tapi untuk aspek SDM ada 18 indikator penilaian kinerja, salah satunya tentang pelayanan dan inovasi baru,” jelasnya.

Syamsul berharap dengan adanya hasil penilaian kinerja ini dapat memotivasi seluruh jajaran pegawai Perumda Tirta Kanjuruhan untuk lebih meningkatkan lagi semangat dalam melayani masyarakat, dan membangun inovasi inovasi baru, agar dapat meraih yang lebih bagus lagi.

“Dalam penilaian itu, kami memiliki nilai 4,10, tentunya sebagai perusahaan yang kini dalam kondisi sehat. Apalagi, kami memiliki pelanggan terbesar yakni mencapai 133, 987 pelanggan, itulah salah satu aspek yang membuat Perumda Kanjuruhan masuk urutan ke tiga,” terangnya.

Dengan begitu, Perumda Tirta Kanjuruhan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang akan dilakukan di tahun 2021 ini, agar dapat mengatasi kekeringan yang kerap melanda di enam kecamatan di Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Bantur, Pagak, Donomulyo, Subermanjing Wetan, Gedangan, dan Kalipare.

“Untuk pembangunan SPAM itu rencananya akan dikerjakan selama dua tahun, targetnya tahun 2023 sudah mulai dapat difungsikan. Sumber air yang dimanfaatkan untuk kebutuhan air baku SPAM tersebut, akan ambilkan dari aliran Sungai Lesti di kawasan Malang Selatan, yang anggarannya kita siapkan sebesar Rp 500 miliar,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam buku tentang penilaian kinerja terhadap 387 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum di seluruh Indonesia yang dikeluarkan oleh Ditjen Cipta Karya PUPR tersebut di urutan pertama dengan pencapaian pelanggan yang tertinggi yaitu Perumda Tirta Karta Raharja Kabupaten Tangerang yang mencapai 149,011 pelanggan, dan urutan kedua Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang kini memiliki 103,499 pelanggan, serta Perumda Tirta Kanjuruhan dengan jumlah pelanggan yang mencapai 133, 987 pelanggan.

Sedangkan, buku yang diluncurkan oleh Ditjen Cipta Karya PUPR merupakan hasil kerjasama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dan Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP). (Adel)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Dapatkan berita terupdate kami.

ban11

Recent News