Next Post

Pemerintah Kota Madiun Mengadakan Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis Di Masa Pademi Covid -19

B7E0CD9D-6302-4042-8C6F-8A5718090D72

Madiun,Jagadpos.com –  Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menyelenggarakan kegiatan “Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi Covid-19, di Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Kominfo, Senin 12 April 2021.

Hadir dalam kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) ,Ketua DPRD Kota Madiun  dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun

Kegiatan ini, selain menghadirkan Wali Kota Madiun Drs.H.Maidi,SH,MM,M.Pd sebagai narasumber, juga mengundang pakar komunikasi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr.Suko Widodo,Drs.M.Si

Wali Kota Madiun, H. Maidi, mengatakan, jika informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui Dinas Kominfo atau humas, salah tiga kata saja, akan menjadi masalah. Karena itu, ia meminta agar Dinas Kominfo atau humas menyajikan informasi apa adanya, seperti saat.

“Salah berita, salah kehumasan tiga kata saja, bisa jadi masalah. Karena itu, peran strategis humas atau Dinas Kominfo dalam komunikasi Krisis di era pandemi Covid-19, sangat penting. Selama ini Kominfo sudah bagus menyajikan informasi untuk teman teman (wartawan) yang kemudian disampaikan kepada masyarakat,” ucap H. Maidi.

Terkait pelayanan publik di Kota Madiun, lanjutnya, selama ini Pemkot Madiun  juga menyampaikan apa adanya. Termasuk kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat. Juga hasil pembangunan selama ini.

“Artinya apa, kalau disampaikan apa adanya, orang tidak akan kecewa. Apabila kita sampaikan apa adanya, orang yang datang kesini akan senang. Tapi kalau beritanya mengada-ada, orang yang datang kesini kecewa, tidak akan kembali lagi. Ini yang harus kita jaga bersama dengan benar,” paparnya.

Wali Kota Madiun  juga menghimbau, kalau ada masukan atau saran dari masyarakat maupun media terkait pembangunan dan lainnya, agar disampaikan pula apa adanya, dan tidak mengada ada.

“Masukkannya seperti apa, kalau ada saran, sarannya seperti apa, sampaikan saja apa adanya. Kita terbuka demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kota Madiun,” tuturnya.

Ia menambahkan berita hoax seperti media sosial begitu kuatnya,Pemkot Madiun juga punya sarana media kehumasan  elektronik yang bagus

“Kita bisa menyajikan berita – berita apa adanya,berita itu modal utama membawa suatu kemajuan bangsa maupun pemerintah daerah ,” ujar Wali Kota Madiun H.Maidi.

Pakar komunikasi dari Unair, Suko Widodo, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi Pemkot Madiun yang menyampaikan informasi kepada masyarakat, apa adanya. Karena hal ini, menguntungkan Pemkot di mata publik.

“Pak Walikota (H. Maidi) beserta jajaran, sudah tepat dengan caranya yang ‘blak kotang’ (terbuka) kepada masyarakat, tanpa ada yang ditutup tutupi. Ini komunikasi yang bagus,” kata Suko Widodo.

OPD kota Madiun

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri, mengatakan, kegiatan ini selain menjalin sinergitas humas pemerintah di lingkungan Pemkot Madiun, juga untuk meningkatkan peran aktif humas pemerintah daerah dan meningkatkan peran proaktif humas pemerintah daerah dalam menjalankan komunikasi di masa Covid-19 agar penyampaian informasi lebih efektif.

“Selain itu, juga menjalin hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat agar penyampaian informasi lebih efektif. Humas dituntut untuk beradaptasi. Humas juga harus mengoptimalkan teknologi digital agar semua informasi sampai ke masyarakat,” terang Subakri.(s.rud/Adv).

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *