Next Post

Ditengah Pademi Covid-19,Desa Krokeh Manfaatkan Sisa BLD-DD Untuk Bangun Infrastruktur

Madiun,Jagadpos.com -Dalam rangka untuk meningkatkan sarana dan prasarana serta pembangunan infrastruktur, Pemerintah Desa Krokeh Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Jawa Timur bangun paving dan saluran.

Pembangunan paving berdasarkan hasil musyawarah desa khusus (Muadesus) yang mana tokoh dan masyarakat setempat menginginkan ada pembangunan dalam rangka penanganan covid-19 dan segala macam bantuan sosial,baik dari bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) atau bantuan sisial tunai (BST) Kemensos untuk masyarakat Desa Krokeh sudah terpenuhi kuotanya.

Selain adanya penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) yang membiayai warga terdampak covid-19 , pembangunan infrastruktur juga tetap dilaksanakan demi menunjang pembangunan Desa Krokeh.

Di setiap pembangunan dimonitor langsung oleh pendamping desa sebagai tupoksi utama pendamping.

Kepala Desa Krokeh, Sarwono mengatakan Dana Desa di punden sudah 100 persen selesai, Punden setiap setahun sekali bersih desa (sedekah bumi) Punden sekarang sudah bersih banyak manfaatnya, kalau selama ini tidak diadakan karena covid-19,disitu sudah bersih kalau untuk genduren tinggal pakai tikar

“Kedepan dibuatkan seperti pendopo, dan disitu tiap tahun diadakan sedekah bumi serta ada reognya, ” ujar Kepala Desa Krokeh, Sarwono,, senin (25/1/2021).

Pembangunan selokan

 

Untuk covid-19 ditahun 2021 sudah dianggarkan Rp 200 juta sedangkan tahun 2020 kemarin misalkan BLT-DD Rp 600.000 kali 3 bulan ,kali 60 orang penerima manfaat, dan Rp 300.000 kali 3 bulan,kali 60 penerima manfaat.

“Kalau BST (bantuan sosial tunai) langsung dari Kemensos pusat, kalau BLT-DD khusus dari desa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sarwono menambahkan kita merasakan semua bukan desa sini saja,dana untuk BLT-DD, penyemprotan, masker serta isolasi.

“Seperti kemarin isolasi yang anaknya dirumah sakit yang bersentuhan dibantu isolasi dirumahnya sendiri dibantu dari Pemerintah Desa Krokeh berupa beras dan mie, januari 2021 sudah 2 kali penyemprotan karena ada yang tetpapar covid-19 ,” terang Kepala Desa Krokeh, Sarwono.

Ia menambahkan selama ini ada PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) selebaran difoto copy dan ditempelkan setiap warung dan toko perangkat desa sambil memberi informasi ke masyarakat.

“Sedangkan untuk pembangunan dari Dana Desa untuk saluran RT 9 serta saluran menyambung panjang 20 meter yang dianggarkan tahun 2020 kemarin,BLT-DD kemarin dianggarkan sampai bulan desember 2020 ternyata perintah Pak Bupati bulan oktober, nopember,desember tidak boleh disalurkan, kaitanya desa yang sudah habis anggaranya, contoh misalkan desa Krokeh cair dan tetangga desa Lembah tidak cair,akirnya saya kembalikan pembangunan paving di Punden untuk pisik,” ujarnya.

Sementara Sekertaris Desa Krokeh, Suparlan menambahkan pembangunan dana desa (DD) selokan RT 9 kanan kiri dengan panjang 135 meter, selokan RT 6 panjang 20 meter dan paving RT 6 panjang 22 meter dan panjang 2,5 meter.

” Tujuan meningkatkan sarana transportasi dan meningkatkan perekonomian warga, ” ujarnya.(s.rud).

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletter

Dapatkan berita terupdate kami.

ban11

Recent News